Alur Pendaftaran / Kriteria Rekruitmen Mahasiswa-Ujian Mahasiswa JD

  • Calon mahasiswa terlebih dahulu mendaftar dan diterima oleh Program Magister pada program studi yang akan di ikuti (reguler), serta mendapatkan surat penerimaan dari Program Magister pada program studi tersebut.
  • Calon mahasiswa kemudian mendaftar ke program Joint Degree  (JD), dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut:
  1.  Telah diterima di Program Magister pada program studi yang akan di ikuti (reguler)
  2.  Mengisi formulir pendaftaran Program JD
  3.  Menyerahkan fotokopi ijasah dan transkrip program S-1
  4. IPK S-1 >3.2 atau 3 dengan rekomendasi kusus
  5. Menyerahkan rencana penelitian yang akan dikerjakan di UB dan NCU
  6. Menyerahkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris untuk pendaftaran, setara TOEFL=500, atau TOEIC = 550
  7. Mengikuti wawancara oleh tim seleksi yang dibentuk oleh Program JD. Wawancara meliputi kemampuan mahasiswa dalam ilmunya, kemandiriannya, kemampuan bekerjasama, nasionalisme, kepemimpinan dan kemandirian, serta kemampuan berbahasa Inggris.
  • Mahasiswa dinyatakan dapat diterima pada Program JD, apabila telah memenuhi persyaratan administrasi dan lulus wawancara. Mahasiswa yang lulus akan diberikan surat penerimaan dari pengelola Program JD, dan dapat mengikuti kuliah Program JD, yang pelaksanaannya dapat dilakukan bersama-sama dengan Program Magister reguler, yaitu awal Februari dan awal September.
  • Pada awal semester 2, dilakukan wawancara lagi untuk mengetahui kesiapan ilmunya, kemampuan berbahasa inggris (setara TOEFL>550), kemandiriannya, kesiapan mentalnya serta kesiapan fisik (kesehatan).
  • Apabila dinyatakan lulus wawancara kedua, maka pada pertengahan semester k2-2, mahasiswa diminta melengkapai persyaratan pendaftaran pada universitas mitra di luar negeri, serta kelengkapan imigrasi untuk visa ke negara tujuan.
  • Pengelola akan mengirimkan application-form yang telah diidi mahasiswa beserta semua persyaratannya seperti transkrip dan sertifikat bahasa Inggris, untuk doproses/seleksi oleh program studi yang di pilh pada universitas mitra luar negeri.
  • Mahasiswa akan mendapatkan letter of acceptance dari universitas mitra, untuk persyratan utama aplikasi visa ke Luar Negeri.
  • Mahasiswa siap berangkat ke  Universitas Mitra Luar Negeri yaitu pada awal februari atau awal september.
  Ujian
  • Bagi mahasiswa JD UB yang akan ujian di universitas Partner Luar Negeri kami mohon agar mengirimkan pemberitahuan melalui alamat email :
intstudent_ub@yahoo.com / doubledegree@ub.ac.id WFR  

Export date : Sat, 23 Sep 2017 12:47:48
Exported from [ http://dd.ub.ac.id/layanan/alur-pendaftaran/ ]